xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Cara Memiliki Mata Sehat

Pages

Cara Memiliki Mata Sehat

Mata adalah cakrawala dunia; maka dari itu, Anda wajib menjaga kedua mata yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Tapi sayangnya, masih banyak orang di luar sana yang kurang peduli dengan mata mereka, karena mereka tidak pernah merawat mata mereka.
Bahkan beberapa orang secara tidak langsung merusak mata mereka. Padahal, mata yang tidak dirawat dan dijaga (apalagi yang dirusak secara perlahan), lama kelamaan akan tidak bisa berfungsi, sehingga menyebabkan kebutaan bagi yang memiliki.
Karena itulah, jika Anda belum pernah merawat dan menggunakan mata Anda dengan baik dan sehat, inilah saatnya bagi Anda untuk merawat mata Anda.
Bila Anda tidak pernah tahu cara yang baik dan benar dalam merawat dan menjaga kesehatan mata, berikut ini beberapa cara atau hal yang dapat Anda lakukan agar memiliki mata yang selalu sehat.
  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata.
  2. Ini adalah cara merawat mata yang termudah, apabila Anda tidak bisa melakukan perawatan mata yang lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata, Anda sudah dikatakan merawat mata dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata maksudnya adalah mengkonsumsi makanan, yang di dalamnya terkandung zat-zat yang membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan mata. Zat-zat seperti vitamin, yaitu vitamin A, E, dan C, dan beta karoten adalah dua diantara zat-zat perawat mata tersebut. Kandungan vitamin A, E, dan C yang tinggi bisa didapatkan di berbagai macam sayur dan buah, seperti wortel, jeruk, dan yang terbaru adalah buah Pomegranate. Anda tidak perlu membeli buah-buah itu, dan membuat juice buah secara manual. Di era modern seperti saat ini, Anda bahkan bisa membeli minuman ekstrak buah-buahan tersebut di supermarket. Tapi tentu saja, membuat juice buah sendiri memang terasa lebih alami dan terjangkau.
  3. Menghidari Hal-Hal Yang Merusak Mata
  4. Sebagian besar kerusakan mata disebabkan oleh si pemilik mata sendiri. Hal pertama yang harus dihindari dalam usaha menjaga kesehatan mata adalah membaca di tempat yang redup, dengan posisi yang salah (semisal posisi tiduran). Selain mata kurang mendapat kurang cahaya, membaca di tempat redup dengan posisi tidur akan membuat mata cepat lelah, dan iritasi. Hal kedua yang harus dihindari dalam menjaga mata adalah terlalu banyak di depan televisi, komputer, atau benda elektronik lain yang memancarkan sinar radiasi. Apabila Anda suka menonton televisi, satu saran untuk Anda adalah menonton dalam jarak yang cukup jauh dari televisi: yaitu, dua kali diagonal ukuran televisi. Dan apabila Anda diharuskan untuk bekerja di depan komputer, senam mata setiap dua puluh menit sekali adalah cara terbaik menjaga mata Anda dari radiasi. Selain sinar radiasi dari televisi atau komputer, sinar ultraviolet dari matahari juga berdampak buruk bagi mata. Maka dari itu, apabila Anda keluar rumah di siang hari, lindungi mata Anda dengan menggunakan helm berkaca hitam, atau kaca mata hitam. Beristirahat yang cukup, dan mengurangi (atau bahkan meniadakan) begadang adalah hal yang menunjang kesehatan dan ketajaman mata.
  5. Hindari Atau Hilangkan Kebiasaan Buruk Begadang Pada Malam Hari
  6. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa mata manusia telah diciptakan untuk beristirahat di malam hari: di malam hari, mata mengeluarkan sejenis zat tertentu, yang hanya keluar dalam keadaan sedikit cahaya. Karena itulah manusia cenderung mengantuk dan tertidur lelap di malam hari.
  7. Berkonsultasi Ke Ahli Mata
  8. Ini untuk memastikan apakah mata Anda sedang dalam kondisi baik atau tidak.

No Response to "Cara Memiliki Mata Sehat"

Post a Comment