xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Macam-macam Cara Memimpin

Pages

Macam-macam Cara Memimpin


Pada postingan saya kali ini saya coba memuat kembali artikel yang pernah saya tulis di Blog saya yang lain Diclick mengenai beberapa tipe kepemimpinan yang pernah di muat di buku “Change” gubahan Bpk. Rhenald Kasali. Mungkin beberapa tipe kepemimpinan ini bisa rekan-rekan jadikan pegangan apabila rekan-rekan menghadapi keadaan yang berbeda-beda di setiap lapisan kehidupan.
Secara garis besar Tipe Pemimpin ada 6, Yaitu :

Tipe Direktur
Kepemimpinan tipe ini sangat cocok untuk organisasi yang tertutup dan cenderung otonom serta memiliki kapasitas yang luar biasa tidak terbatas untuk melakukan perubahan, dimana seorang Direktur dapat menggerakkan seluruh kapasitas sumber daya yang dia miliki, memberikan arah, melakukan implementasi dan mengendalikannya.

Tipe Motivator (pelatih)


Tipe kepemimpinan yang ini cocok di gunakan di sebuah organisasi yang terbuka dan untuk menghindari terjadinya kekacauan serta seluruh teamnya mampu bertugas sesuai jobnya masing-masing, maka seorang pemimpin dapat melakukan peran seperti layaknya pelatih sepak bola dimana ia hanya mengarahkan timnya agar sesuai jalur yang ada tanpa dia harus terjun sendirian.


Tipe Navigator


Model kepemimpinan seperti ini dibutuhkan pada saat keadaan organisasi anda sedikit kurang terkendali sehingga target yang di tetapkan tidak dapat di capai 100%. Layaknya seorang Pilot atau Kapten kapal dimana kita tidak dapat mengatur angin dan juga Cuaca maka kita hanya bisa mengarahkan Kapal kita supaya berhasil melaluinya.

Tipe Penterjemah


Disini situasi organisasi yang terjadi sama seperti yang dialami oleh pemimpin tipe navigator, tetapi di sini pemimpin sadar bahwa dia tidak memiliki kekuasaan/kemampuan lebih untuk mengatur dan mengubah system organisasi yang ada tetapi sang pemimpin memiliki kecerdasan, maka yang dilakukan hanya memberitahu/mengarahkan anggotanya berdasarkan hal-hal yang dia terjemahkan dari berbagai macam kondisi internal dan eksternal supaya anggotanya tersebut tidak terlalu jauh menyimpang dan mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri.


Tipe PJS (Caretaker)


Tipe kepemimpinan yang seperti ini bisa di jalankan apabila kondisi organisasi dalam keadaan kacau dan konflik terjadi dimana-mana serta tidak dapat dikendalikan sehingga pendekatan apapun yang dilakukan akan menjadi serba salah. Tetapi pemimpin ini masih mampu sedikit mengendalikan bawahannya agar bersifat lebih inovatif sehingga proses kerja masih bisa berjalan dan target dapat lebih mudah dicapai dan permasalahan yang ada lebih cepat diselesaikan.


Tipe Perawat


Pada kondisi organisasi sedang sakit dimana harapan hidup sudah amat kecil maka cara kepemimpinan yang tepat adalah dengan menjalankan peran sebagai perawat, karena di organisasi yang seperti ini tidak ada yang tahu apakah organisasi ini dapat bertahan atau tidak di tengah kondisi yang sedang kacau dan yang hanya dapat dilakukan adalah dengan memperpanjang harapan hidupnya saja.

No Response to "Macam-macam Cara Memimpin"

Post a Comment