xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: 10 Laut Terdalam di Dunia

Pages

10 Laut Terdalam di Dunia

TAHUKAH KAMU !! Laut merupakan kumpulan air asin dalam area luas yang menggenangi daratan dan membaginya menjadi benua dan pulau. Karakteristik laut bermacam-macam. Berikut ini adalah daftar 10 laut terdalam di dunia.
 1. Samudra Pasifik
Selain menduduki peringkat pertama sebagai laut terdalam, Samudra Pasifik juga memecahkan rekor sebagai peringkat pertama laut terluas. Samudra Pasifik membentang dari Samudra Selatan, Asia, Australia, hingga belahan bumi bagian barat. Samudra ini menutupi satu pertiga permukaan bumi. Bagian terdalam di Samudra Pasifik adalah Palung Mariana, yaitu 11.033 m. Palung Mariana juga sekaligus sebagai titik terendah dari permukaan bumi.
2. Samudra Atlantik
Samudra Atlantik membentang mulai dari bagian utara bumi melalui Samudra Arktik hingga ke bagian selatan bumi melalui Lintasan Drake. Samudra ini menutupi 1/5 permukaan bumi. Bagian terdalam Samudra Atlantik adalah Palung Puerto Rico, yaitu 8.605 m.
3. Samudra Hindia
Samudra Hindia meliputi perairan di antara Afrika, Samudra Selatan, Asia, dan Australia. Bagian terdalam samudra ini adalah Palung Jawa, yang berkedalaman 7.258 m. Palung Jawa terletak di timur laut Samudra Hindia.
4. Laut Karibia
Laut Karibia merupakan bagian dari Samudra Atlantik yang terletak di belahan bumi bagian barat. Pulau-pulau yang terletak di sekitar Laut Karibia disebut negara-negara Karibia. Bagian terdalam laut ini adalah Cayman Trough dengan kedalaman 7.686 m. Cayman Trough terletak di antara Pulau Cayman dan Jamaika. Cayman Trough ditengarai memiliki celah gunung api terdalam di dunia yang membujur di dasar Laut Karibia.
5. Laut Jepang
Laut Jepang merupakan laut tepi bagian dari Samudra Pasifik bagian barat. Laut Jepang dibatasi oleh Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan Rusia. Luas permukaannya sekitar 978.000 km. Bagian terdalam Laut Jepang adalah Palung Jepang, yaitu 3.742 m.
6. Teluk Meksiko
Teluk Meksiko merupakan bagian kecil dari Samudra Atlantik. Teluk Meksiko dikelilingi oleh Meksiko di bagian barat dan selatan serta dibatasi oleh Amerika di bagian utara dan barat. Teluk ini memiliki luas 1,6 juta km persegi. Teluk Meksiko berkedalaman rata-rata 1.614 m.
7. Laut Mediterania
Laut Mediterania terhubung dengan Samudra Atlantik yang dikelilingi oleh Mediterania. Laut ini hampir melingkungi seluruh dataran di bagian utara Anatolia dan Eropa, di bagian selatan Afrika, dan di bagian timur Levant. Luas permukaannya meliputi 2,5 juta km persegi. Laut Mediterania memiliki kedalaman rata-rata 1.501 m.
8. Laut Bering
Laut Bering meliputi perairan di Samudra Pasifik yang dibatasi oleh Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian. Luas permukaannya mencapai 2 juta km persegi. Kedalaman rata-rata Laut Bering adalah 1.491 m.
9. Laut Cina Selatan
Laut Cina Selatan merupakan laut di tepian Samudra Pasifik yang meliputi dari wilayah Singapura dan Selat Malaka hingga Selat Taiwan. Laut ini memiliki luas 3.500.000 km persegi. Dari luasnya, laut ini termasuk laut dengan luas terbesar kedua setelah lima samudra. Laut Cina Selatan memiliki kedalaman rata-rata 1.463 m.
10. Laut Hitam
Laut Hitam merupakan bagian dari Samudra Atlantik. Laut ini terletak di antara Eropa, Anatolia, dan Kaukasus. Laut ini memiliki luas permukaan 436.400 km dengan kedalaman rata-rata 1.190 m.

1 Response to "10 Laut Terdalam di Dunia"

Unknown said...

Thanks for Info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2O3d99q

Post a Comment