xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Cara Mengolah data menggunakan syntax SPSS

Pages

Cara Mengolah data menggunakan syntax SPSS

Terkadang kita melakukan proses analisis data yang sama berulang-ulang. MisalnyaKita sering melakukan analisis varian untuk beberapa data yang kita miliki. Nah untuk menghemat waktu, SPSS telah memberikan kemudahan dengan sebuah teknik yang powerfull. Teknik ini biasa disebut dengan syntax.
Syntax merupakan bahasa komputer yang memungkinkan kita untuk melakukan beberapa analisis terhadap data yang tidak ditemukan pada menu spss. File syntax biasanya berisi beberapa perintah dalam bentuk teks. Ketika kita menginstall SPSS, secara langsung sebenarnya kita juga telah meletakkan syntax-syntax yang sangat berguna ini dalam komputer kita. untuk mempelajari syntax-syntax ini kita bisa membuka Help dan menu SPSS kemudian pilih Command Syntax Reference


Untuk bisa menggunakan syntax, kita awali dengan membuat syntax tertentu. Misalnya syntax untuk menghitung data deskriptif. Kita bisa mendapatkan syntax-syntax ini melalui output log ataupun dalam file journal. Misalnya kita ingin mendapatkan syntax untuk menghitung data deskriptif nilai ujian 20 orang siswa berikut ini

Klik Analize > Descriptive Statistics > Descriptive hingga muncul kotak dialog Descriptive. Kemudian pilih Option sehingga muncul jendela Descriptive Options dan beri centang hasil-hasil apa yang ingin kita ketahui.


Klik continue kemudian pilih Paste. Setelah itu akan otomatis muncul jendela syntax berikut ini:

Untuk menggunakan syntax tersebut, kita tinggal memilih Run > All sehingga muncul output SPSS.
Syntax di atas dapat kita simpan untuk sewaktu-waktu dapat dibuka kembali jika kita hendak menggunakannya. Cara menyimpannya seperti biasa. Dah tahu kan?? Yang perlu diingat, ekstensi file syntax ini adalah SPS.
Anda bisa mengguanakan syntax-syntax yang lain tentunya dan mendapatkannya dengan cara seperti di atas. oke?

No Response to "Cara Mengolah data menggunakan syntax SPSS"

Post a Comment