xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Cara Merawat Piano

Pages

Cara Merawat Piano

Piano merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian dari furnitur yang indah, yang bisa dijadikan pajangan dirumah.
Perbedaannya, furnitur yang satu ini dilengkapi dengan mesin modern yang berfungsi untuk memainkan musik sebagai hiburan. Karenanya alat musik ini membutuhkan perawatan yang baik dari loe si pemiliknya.
Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi, baja, tembaga, plastik, kuningan, kapas, bahan perekat (lem), dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan betapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah terjangkau di dalam piano.
Nah untuk itu sebaiknya piano rajin dibersihkan. Dan nggak ada salahnya loe mencoba sendiri untuk merawatnya, loe bisa menggunakan kain yang sangat halus untuk membersihkan bagian-bagian luar piano (kerangkanya). Untuk bagian tutsnya loe bisa lap menggunakan minyak atau semacam cairan khusus untuk membersihkan piano, ini bisa loe dapatkan di toko-toko yang menjual alat-alat musik. Jangan menggunakan cairan atau pembersih khusus untuk furnitur yang ada di rumah loe. Walaupun ini loe lakukan sekali-sekali atau pada saat keadaan darurat. Jika loe tidak memiliki minyak khusus untuk pembersih piano, kerjakan saja hanya dengan menggunakan kain lap kering yang halus. Karena pembersih furnitur biasa bisa membuat kayu piano menjadi terkontaminasi. Berhati-hatilah menggunakan pembersih kayu untuk piano, sekalipun pada lebel pembersih furnitur biasanya dikatakan bisa juga digunakan untuk piano.
Tapi untuk lebih menyempurnakan pembersihan dan perawatan, loe bisa serahkan tugas ini kepada tukang servis piano yang sudah ahli. Periksalah seluruh setelan piano loe, minimal setahun dua kali. Loe bisa bertanya pada teknisi yang menyervis piano, mengenai bagaimana peraturan menyetel piano loe. Ini akan mencegah dari salah menyetel yang bisa mengakibatkan kerusakan. Jangan pernah sekalipun untuk mencoba membetulkan piano atau mengutak-atiknya secara berlebihan. Ini bisa menyebabkan kesalahan dan kerusakan yang fatal. Akibatnya, loe harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperbaikinya. Biarkan hanya para ahli (teknisi piano) yang melakukan tugas tersebut.
Dalam meletakkan piano pun harus loe perhatikan. Jauhkan piano dari tempat yang panas, radiator, perapian dan lubang udara. Panas yang tinggi dan kelembaban dapat menyebabkan kerusakan pada piano. Hindari meletakan piano dari sinar matahari. Terutama di dekat jendela atau pintu yang bisa di jangkau oleh sinar matahari langsung. Jangan meletakkan tumbuh-tumbuhan atau bunga beserta vasnya, minuman, makanan, atau benda apapun di atas piano. Karena jika tumpah atau terjatuh akan membasahi dan mengotori piano. Jika air atau kotoran tersebut masuk ke dalam sela-sela bagian mekanik piano, akan sangat sulit untuk membersihkannya. Kalau hal ini sampai terjadi secara tidak sengaja, panggilah ahlinya (tukang servis).
Bila piano loe miliki terawat dengan baik. Mungkin saja bisa digunakan untuk generasi penerus loe. Nah, mulai sekarang dengan tips diatas, bagi loe yang memiliki piano, mulailah untuk memberikan perhatian khusus pada piano loe. Semoga membantu !!!  :)

No Response to "Cara Merawat Piano"

Post a Comment