xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Menghubungkan Blog dengan Facebook

Pages

Menghubungkan Blog dengan Facebook

Bagi yang memiliki Blog dan Facebook, Mungkin akan sedikit ribet bin repot kalau harus menulis beberapa kali dalam satu tulisan dengan judul/tema yang sama. Nah, agar lebih simpel dan praktis kita bisa membuat tulisan (posting) Blog dan Facebook hanya dalam satu langkah alias GPR alias Gak Pake Repot, gitu aja kok repot he99,9x... Dengan kata lain, Setiap kali kita membuat tulisan dalam Blog, maka tulisan tersebut akan tampil dan/atau dipublikasikan dalam Note (Catatan) Facebook dan ringkasannya pun akan ditampilkan juga pada Wall (Dinding) secara otomatis bahkan bisa disebarkan/dibagikan (tag) kepada yang lain. Yaa.. layaknya kita membuat Postingan dan/atau Catatan dalam Facebook.

Untuk menghubungkan Blog dengan Facebook caranya sangat mudah, karena yang akan saya jelaskan saat ini adalah menggunakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Facebook, yakni: NOTE (Catatan). Tidak memerlukan aplikasi tambahan dan/atau tetek beungek lainnya yang lumayan merepotkan. Apa-AN tuh tetek beungek hehe.. 

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
Update 11/01/11, menyesuaikan dengan tampilan baru Facebook:
  1. Masuk (Log In) ke FACEBOOK Anda;
  2. Klik NOTES (Catatan) di bawah Foto Profil/di bawah tulisan APPS (Aplikasi);
  3. Klik WRITE A NOTE (Tulis Catatan), kemudian klik PAGE'S NOTE (Catatan Halaman);
  4. Klik EDIT IMPORT SETTING (Sunting Pengaturan Impor);
  5. Isi kotak yang kosong (Web URL/URL Web) dengan alamat blog/website Anda. Misalnya: http:// www. punyaku. com dan klik START IMPORTING (Mulai Mengimpor). Jika berhasil, maka Tulisan (Postingan) Blog Anda akan tampil dalam NOTE (Catatan) Facebook dan ringkasannya pun akan tampil  juga pada WALL (Dinding) secara otomatis;
  6. Jika tidak berhasil, maka Anda harus memasukan alamat RSS blog Anda ke dalam kolom kosong (URL) tersebut. Contoh: http:// www. punyaku. com/ feeds/ posts/ default?alt=rss;
  7. Silahkan lihat NOTE (Catatan) Facebook Anda, maka akan sama persis seperti dalam Blog.
Jika tidak punya blog/website, maka bisa memasukan blog yang lain dan/atau website yg memiliki layanan RSS. Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dari blog/website yang bersangkutan secara rutin (langganan berita). Namun, tidak semua website mengijinkan/memberikan layanan RSS terutama yang bersifat komersil. 

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat..

1 Response to "Menghubungkan Blog dengan Facebook"

Adri said...

bagus2 bang thx infony

Post a Comment