xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Menjadikan Balita Sehat dan Cerdas

Pages

Menjadikan Balita Sehat dan Cerdas

Setiap keluarga pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Seperti kata pepatah, apapun akan dilakukan demi anak. Balita sehat dan cerdas adalah dambaan setiap keluarga, anak yang diharapkan kelak akan menjadi kebangaan keluarga.
Anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dengan baik keberadaannya. Tentunya dengan memberikan yang terbaik untuk sang buah hati agar dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.
Lalu, dapatkah kita menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang sehat dan cerdas? Pertanyaan ini mengiring pertanyaan selanjutnya, yaitu apakah anak sehat itu, dan apakah kecerdasan seorang anak itu?
Kesehatan Balita
Kesehatan seorang anak harus sudah diperhatikan sejak anak masih dalam kandungan. Ibu harus menyadari dengan baik akan keberadaan si jabang bayi, supaya ibu dapat dengan baik memperhatikan asupan gizi dan nutrisi makanannya agar jabang bayi dapat tumbuh dengan sehat sesuai dengan usianya.
Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan memiliki nilai gizi yang baik pula. Seperti, perbanyak makan buah-buahan baik itu di jus atau dijadikan cemilan. Perbanyak pula makan sayuran, itu akan sangat baik untuk bayi dan juga membantu pencernaan ibu.
Karbohidrat juga perlu diperhatikan, makan makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya, hal itu baik untuk pemulihan tenaga si ibu, supaya tidak lemas. Nutrisi lainnya susu yang cukup dan vitamin dari dokter bila perlu.
Hindari makanan yang pedas dan terlalu asam, terutama bagi bu yang menderita gangguan pencernaan. Sebab efeknya selain pada calon bayi Anda, hal itu dapat mengefek ke pada Anda juga.
Pemberian nutrisi yang baik tidak hanya sampai disitu, setelah bayi lahir pola makan dan pemberian nutrisi harus semakin diperhatikan dan dijaga kualitasnya. Bayi yang disusui oleh ASI, si ibu harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi, untuk mendapatkan ASI yang berkualitas. 
Bagi bayi yang disusui dengan susu botol, tidak dengan ASI. Pilihlah susu yang tepat bagi balita Anda. Hal itu dapat Anda lakukan dengan melihat kandungan nilai gizinya yang tertera pada kemasannya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.
Jika anak Anda mengalami alergi pada susu sapi atau ketidakcocokan pada satu produk, maka cepatlah carikan penggantinya yang sekiranya cocok untuk anak Anda.
Jika balita Anda sudah tiba saatnya untuk makan makanan sebagai pendamping ASI atau selain susu botol. Perkenalkan makanan sesuai dengan usianya, hal tersebut akan membantu pada perkembangan pencernaan anak Anda. Kontrol dengan baik makanan yang masuk ke tubuh anak.

Kecerdasan Balita
Di samping asupan gizi dan nutrisi yang baik agar anak menjadi sehat, anak yang cerdas adalah dambaan setiap keluarga. Apakah kecerdasan itu merupakan faktor bawaaan atau kah dapat diciptakan?
Kalau pun balita Anda telah membawa kecerdasan itu sejak lahir. Yang pasti semua itu bergantung dari orangtua menstimulusnya seperti apa.
Anak 0-5 tahun merupakan masa the golden age (usia emas) bagi perkembangannya. Jangan disia-siakan, berikan stimulus sebanyak mungkin bagi anak Anda.
Mungkin hasilnya tidak akan bisa Anda lihat dalam waktu dekat, Anda akan dapat merasakan hasilnya seiring dengan tumbuh kembang anak Anda. Bimbing dan latihlah kemampuan anak sejak dini. Kenali perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai dengan usianya.

Tips
Ada banyak cara untuk membantu anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas, yaitu dengan memberikan mereka makanan yang bervitamin, suplemen yang baik dan asupan nutrisi dari sejak dini.
Selain itu, orangtua harus aktif menstimulus kemampuan perkembangan anak. Selain memberikan kasih sayang, pelukan dan ciuman. Rangsang dan latihlah kemampauan anak Anda.
Jauhkan anak Anda dari asap rokok, karena racun asapnya lebih berbahaya dari asap kendaraan. Hal itu dapat mempengaruhi kinerja fungsi otak.

1 Response to "Menjadikan Balita Sehat dan Cerdas"

reward bebasbayar said...

Balita sehat karena ibu pintar merawat dan makanannya sehat.

Post a Comment