xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Cara Memasak Bersama Anak Anda

Pages

Cara Memasak Bersama Anak Anda

Seorang anak akan terus tumbuh, begitu juga dengan pengetahuannya. Ia akan banyak belajar mengenai apa saja, termasuk belajar cara memasak.
Memasak adalah sebuah keterampilan yang bermanfaat. Lewat memasak, seorang ibu bisa mengajarkan tentang makanan yang sehat kepada anaknya. Dan yang jauh lebih penting adalah mendekatkan hubungan kekeluargaan antara ibu dan anak melalui kegiatan ini.
Dalam usia yang masih muda, anak-anak cenderung terpesona oleh makanan. Orangtua dapat mengambil kesempatan dengan mengenalkan mereka bagaimana makanan itu disiapkan. Orangtua berkesempatan mengajarkan aneka makanan yang bergizi, yang bersih, dan sekaligus makanan yang tidak bagus buat mereka.
Mengajak anak ikut terlibat dalam memasak tentu hal yang menyenangkan. Namun hal ini belum banyak dilakukan oleh para orangtua. Mereka tidak mau direpoti dengan tingkah anak yang rewel atau takut dengan menganggap, memasak di dapur merupakan kegiatan yang berbahaya bagi anak.

Tentu anggapan di atas kurang tepat. Anak jadi kurang belajar tentang makanan yang mereka konsumsi, dan lebih jauh, banyak anak ketika tumbuh dewasa tidak tahu sama sekali tentang dunia memasak. Oleh karenanya, jangan takut untuk mengenalkan kepada anak cara memasak. Jangan ragu mengajak mereka memasak bersama Anda di dapur.
Berikut ini adalah tips aman dan menyenangkan belajar cara memasak bersama anak Anda.

1. Makanan yang Diinginkan
Tawari anak tentang makanan yang mereka inginkan. Arahkan pada makanan yang bisa dimasak secara sederhana. Buatlah resep bersamanya. Beritahu kepada anak bahwa resep adalah petunjuk bagaimana cara memasak sesuatu. Bila perlu, ajak anak ikut berbelanja bahan-bahannya.

2. Siapkan Area yang Aman
Sebelum mengajak anak masuk ke dapur, siapkan dan pastikan bahwa area dapur aman untuk anak. Jauhkan kompor, peralatan listrik, benda tajam yang berbahaya seperti pisau dari jangkauan anak. Jika anak Anda sudah cukup besar dan tahu, hal ini tidak perlu dilakukan. Anda tinggal mengarahkan, apa saja yang bisa ia lakukan.

3. Jaga Kebersihan
Suruh anak Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan kain yang ditempelkan di dada dan diikat sebagai celemek. Beritahukan bahwa itu untuk menjaga agar pakaiannya tetap bersih. Celemek juga bisa digunakan untuk mengelap tangannya. Jangan lupa menunjukkan tempat menyimpan sampah sementara di dapur. Arahkan agar anak membuang sampah di sana.

4. Ajari Anak Cara Kerjanya
Beri anak pekerjaan yang mudah dengan mengajari caranya terlebih dahulu. Anak bisa diajari cara memecahkan telur dengan aman, cara mengaduk sebuah adonan, atau cara memarut keju.
Ibu juga bisa mengajari bagaimana memilih dan memisahkan sayur yang segar dan yang sudah tidak bisa dimasak. Diajari caranya mengembalikan peralatan yang sudah dipakai ke tempat semula dan sebagainya.
Jika sudah diajari, biarkan mereka bekerja. Anda mungkin akan mendapatkan hasil kerja mereka yang tidak sempurna. Anda bisa membereskannya kemudian. Tapi Anda harus memuji pekerjaan mereka agar anak merasa senang.

5. Biarkan Anak Melihat
Ketika proses mematangkan makanan di atas kompor atau oven dimulai, mungkin Anda tidak meminta anak untuk melakukannya. Biarkan anak menonton dengan duduk di atas kursi yang Anda sediakan. Agar tidak bosan, ajak anak mengobrol tentang hal yang menyenangkan.
Pada saat menonton, anak akan belajar bagaimana cara memasak selanjutnya seperti mengaduk makanan, menambahkan bumbu, membalik makanan di atas wajan, dan lain-lain. Anda bisa meminta anak untuk mencicipi rasa masakan sebelum masakan itu diangkat. Minta pendapatnya apakah rasanya sudah enak atau belum. Jika belum, kasih tahu, apa yang perlu ditambahkan.

6. Berlatih Menghidangkan
Jika memasak sudah selesai, ajak anak untuk menghidangkannya di atas meja makan. Katakan pada semua anggota keluarga, bahwa makanan hari ini dimasak oleh Anda dan anak Anda sendiri. Ciptakan suasana yang menyenangkan. Anak Anda pasti akan bangga.
Selamat mencoba cara memasak di atas bersama anak Anda!

1 Response to "Cara Memasak Bersama Anak Anda"

Raja Kue said...

Terimakasih Artikel Cara Memasak Bersama Anak Anda nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
Salam Aneka Kue Kering

Post a Comment