xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Jendela Informasi: Hamil Sehat

Pages

Hamil Sehat

Pada saat seorang ibu hamil, maka pada saat itulah segala hal harus dijaga agar kehamilannya tidak terganggu. Hal ini karena kehamilan sangat rentan terhadap pengaruh dari luar diri. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan ibu hamil. Seorang ibu yang sedang hamil harus selalu memperhatikan kesehatan dirinya. Untuk hal tersebut, maka mempelajari tips kesehatan ibu hamil dapat dijadikan sebagai acuan menjaga kehamilannya.

Kehamilan memang menjadikan seseorang rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Jika seorang ibu hamil mengalami gangguan kesehatan, tentunya hal tersebut berdampak pada terganggunya kesehatan bayi di rahimnya.  Seorang ibu yang mempalajari tips kesehatan ibu hamil seringkali lebih siap menghadapi kehamilannya. 

Jauhkan Diri Dari Stress
Seorang ibu yang sedang hamil sedapat mungkin harus menghindarkan diri dari stress tingkat tinggi. Mereka harus terbebas dari segala hal yang merangsang timbulnya stress. Stress yang dialami oleh seorang ibu akan berlanjut pada sang anak yang dikandungnya. Dan, hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi psikis anak ketika sudah lahir.
Ha Ini merupakan tips kesehatan ibu hamil yang utama dan harus diperhatikan oleh ibu hamil. Jika seorang ibu hamil mengalami stress, maka hal tersebut dapat menggoncang kondisi mentalnya dan secara langsung dapat dirasakan oleh sang bayi di kandungannya. Jika hal tersebut terjadi pada tingkatan yang tinggi, kandungan tersebut dapat mengalami keguguran.
Tentunya, kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi dalam masa kehamilan. Oleh karena itulah, memahami tips kesehatan ibu hamil seharusnya menjadi syarat utama bagi ibu hamil.

Menjaga Kualitas Makanan
Ibu yang hamil harus makan dalam porsi yang sesuai untuk dua orang! Ini merupakan asumsi yang berkembang di masyarakat. Artinya, masyarakat beranggapan bahwa dengan kandungan yang dialaminya, dimana di dalam rahim ibu telah tumbuh bayi, maka makanan yang dikonsumsi ibu juga diarahkan ke bayi. Oleh karena itulah berkembang asumsi tersebut. Dalam tips kesehatan ibu hamil, porsi makan bagi ibu hamil sebenarnya bukan pada aspek kuantitas, jumlahnya melainkan lebih ditekankan pada aspek kualitasnya.
Kualitas makanan yang dikonsumsi ibu hamil memang harus diperhatikan sehingga kebutuhan makanan bagi dirinya dan anaknya terpenuhi. Tetapi bukan berarti harus dalam jumlah yang besar. Sedikit tapi berkualitas sangat lebih baik daripada banyak tetapi tidak berkualitas. Oleh karena itulah, tips kesehatan ibu hamil lebih menekankan pada kualitas makanan yang dikonsumsi ibu daripada kuantitas makanannya.

Istirahat yang Cukup
Dalam konteks ini, tips kesehatan ibu hamil mengisyaratkan agar ibu hamil tidak terlalu capek dalam kegiatan hidup sehari-hari. Ibu hamil harus menahan diri untuk tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar. Bahkan untuk pekerjaan kecil yang membutuhkan waktu lama-pun seharusnya dihindari oleh para ibu hamil.
Istirahat adalah satu proses yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga organ tubuhnya dari tingkat kelelahan tinggi. Untuk kondisi tersebut, maka seseorang harus membatasi kuantitas pekerjaannya atau memberikan istirahat yang cukup untuk dirinya. Dengan istirahat yang cukup, maka bagian-bagian tubuh yang tegang dapat dikendurkan.
Pada proses pengenduran itulah terjadi fase istirahat bagi bagian tubuh. Dengan tips kesehatan ibu hamil ini, maka kesehatan kandungan dapat terjaga dengan sebaik-baiknya.

Olahraga Sederhana
Olahraga adalah bagian terpenting untuk menjaga kesehatan badan. Dengan berolahraga secara rutin, maka itu artinya kita telah membiasakan tubuh kita dalam kondisi sehat. Bukankah pada saat kita melakukan kegiatan olahraga, pada saat itu bagian tubuh kita bergerak dan berkeringat?
Keringat yang keluar pada saat olahraga tersebut dinyatakan sebagai langkah pembuangan sisa-sisa pembakaran dalam tubuh kita. Dan, olahraga merupakan salah satu tips kesehatan ibu hamil yang juga membiasakan anak dalam kandungan juga berolahraga.
Tentunya jenis olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil tidak sama porsi dan jenisnya dengan orang-orang pada umumnya. Para ibu hamil melakukan kegiatan olahraga yang sebenarnya merupakan upaya mempersiapkan diri menghadapi persalinan.
Kita mengetahui dan menyadari bahwa proses persalinan adalah proses yang sangat berat dan beresiko tinggi, baik bagi anak maupun sang ibu. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, dikawatirkan mengalami gangguan. Dan, tips kesehatan ibu hamil merupakan acuan singkat untuk pengkondisian tersebut.

Rutin Memeriksakan Diri
Seorang ibu yang sedang hamil mempunyai tanggungjawab dan kewajiban untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin kepada bidan atau dokter terkait. Hal ini merupakan langkah antisipasi agar proses persalinan yang akan dihadapi dapat berlangsung secara baik dan selamat. Ini merupakan salah satu tips kesehatan ibu hamil. Ibu harus secara rutin memeriksakan kandungannya ke bidan atau dokter agar dapat segera diketahui kondisinya.
Jika seorang ibu secara rutin melakukan pemeriksaan kandungan kepada bidan atau dokter, maka setiap perubahan kondisi kandungannya dapat segera diketahui dan dilakukan langkah penyelesaiannya. Tips kesehatan ibu hamil ini seharusnya diikuti oleh pada ibu hamil sehingga kejadian kematian bayi atau ibu saat melahirkan dapat ditekan seminimal mungkin, jika perlu jangan sampai ada ibu dan anak yang meninggal saat proses persalinan.

No Response to "Hamil Sehat"

Post a Comment